Sabtu, 07 Januari 2012

dasar grafiksa

The Basic of Grafika

POSTED BY The Zaoldyeck Prince on 3:12 AM under

Setahun yang lalu ketika pertama kali saya menginjakkan kaki di SMK Grafika Desa Putera, ada beberapa kalimat yang masing saya ingat hingga saat ini, dan ketika saya tanya ke kakak-kakak kelas saya maupun para alumni, ternyata kalimat itu selalu diucapkan para guru di pertemuan-pertemuan awal. Kalimat itu berbunyi seperti ini, "Dalam hidupnya manusia selalu berhubungan dengan produk grafika, mulai dari akte kelahiran hingga surat keterangan kematian dibuat diatas kertas dan dicetak". Lalu apakah sebenarnya arti dari kata grafika itu sendiri.

Grafika adalah segala cara pengungkapan pikiran, gagasan, perasaan, pengalaman dengan huruf, tanda, dan/atau gambar, yang diperbanyak dengan mencetak guna disampaikan kepada khalayak umum sebagai media massa.

Dan tentu saja masalah kegrafikaan ini tidak lepas dari perihal cetak mencetak. Secara sederhana, teknik cetak adalah suatu tahapan proses memindahkan gambar/tulisan ke media lain dengan memberikan tekanan. Hingga saat ini teknik cetak itu sendiri dibagi dalam bebrapa kelompok, yaitu cetak tinggi (letterpress), cetak datar (offset/lithographi), cetak dalam (intaglio/rotogravure), cetak saring (sablon/screen printing), dan lain sebagainya.

Berikut penjelasannya:
  1. Cetak Tinggi : Yaitu proses cetak dimana bagian yang mengalihkan tinta lebih tinggi dari yang tidak (prinsipnya sama dengan stempel rumahan).
  2. Cetak Datar : Yaitu proses cetak dimana bagian yang mengalihkan tinta sama tingginya dari yang tidak.

  3. Cetak Dalam : Kebalikan dari cetak tinggi, pada teknik ini bagian mencetak atau mengalihkan tinta lebih rendah dari bagian yang tidak mencetak atau mengalihkan tinta.
  4. Cetak Saring : Berbeda dengan teknik-teknik sebelumnya, di teknik ini tinta yang dialihkan akan melalui media saringan (screen). Sama seperti ketika anda melubangi suatu kertas membentuk pola tertentu dan menyemprotkan pylox melewati lubang tadi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar