Sabtu, 07 Januari 2012

SEJARAH CETAK

Guetenberg, Again?

POSTED BY The Zaoldyeck Prince on 4:35 AM under

Sebelumnya telah diceritakan bagaimana kehidupan dan sejarah hidup dari seorang Johannes Gutenberg dan bagaimana ia telah mejadi terkenal setelah "diangap" menemukan pencetakan. Ya benar, kenyataannya Guetenberg tidak pernah menemukan apapun.

Sampai saat ini, sering disebut-sebut bahwa seorang jerman yang bernama Gutenberg adalah pelopor dari pencetakkan. Faktanya, ratusan tahun sebelum sebelum Guetenberg lahir, telah ditemukan pencetakan di wilayah asia timur, tepatnya china dan jepang. Jadi mustahil Guetenberg menemukan sesuatu yang memang telah diketahui orang banyak.

Huruf lepas adalah hal lain yang juga membuatnya tekenal. Namun sebenarnya huruf lepas yang dibuat untuk menggantikan acuan balok kayu telah digunakan pertama kali di China sekitar abad ke-6. Namun karena karakter yang diperlukan (dalam bahan china) terlalu banyak, maka penemuan ini justru dianggap "penemuan yang gagal" dan lalu diabaikan.

Lalu apakah sebenarnya yang dilakukan Guetenberg? Ia sebenarnya hanya menggabungkan beberapa teknik cetak yang telah ada sebelumnya. Dan untuk huruf lepas lebih sederhana lagi, ia hanya mengganti karakter-karakter bahasa china yang telah digunakan sebelumnya dengan 26 huruf pada alphabet ditambah 10 digit angka serta beberapa tanda baca dan karakter khusus lainnya.

POSTED BY The Zaoldyeck Prince on 4:21 AM under

Aloys Senefelder pictureSenefelder adalah seorang aktor dan pemain drama dari Austria. Lahir dengan nama Aloys Johann Nepomuk Franz Senefelder di kota Prague tempat dimana ayahnya yang juga seorang aktor, "manggung". Ia dididik di Munich dan ia berhasil memenangkan beasiswa untuk belajar hukum di Ingolstadt. Namun setelah kematian ayahnya pada tahun 1791, ia terpaksa berhenti sekolah untuk membantu ibu dan kedelapan orang saudaranya.

Ia adalah penemu dari teknik cetak Lithografi yang memanfaatkan prinsip tolak-menolak antara air dan minyak. Dan karena dulu ia menggunakan batu sebagai acuan cetaknya, maka ia menamakan penemuannya ini dengan nama "Stone Printing" atau "Chemical Printing", namun orang lain justru menamakannya menggunakan nama prancisnya, yaitu Lithografi.

Kemudian ia mematenkan penemuannya ini agar aman untuk melintasi Eropa sekaligus untuk memublikasikannya pada tahun 1818 di Vollstandiges Lehrbuch der Steindruckerei yang kemudian pada tahun 1819 diterjemahkan lagi dalam bahasa Perancis dan Inggris.

Pada tahun 1837, Lithografi dikembangkan agar dapat mencetak full color dengan menggunakan beberapa pelat cetak. Dan akhirnya chromolithography pun menjadi teknik pencetakan warna paling penting setelah diperkenalkannya proses pencetakan warna.

POSTED BY The Zaoldyeck Prince on 4:19 AM under

Guetenberg PictureJohannes Gensfleisch zur Laden zum Gutenberg, atau yang lebih dikenal dengan nama Johannes Guetenberg, dilahirkan di kota Mainz, German. Dia adalah anak termuda dari saudagar besar, Friele Gensfleisch zur Laden. Tahun kelahiran Guetenberg tidak diketahui tepatnya, tetapi kemungkinan antara tahun 1394 sampai 1404, kemungkinan besar sekitar tahun 1400an.

Pada waktu itu, para bangsawan di Mainz baru dinamakan setelah mereka memiliki rumah sendiri. Dan sekitar tahun 1427, nama zu Gutenberg dikenal setelah rumah keluarganya di Mainz disahkan untuk pertama kalinya. Rumah ini sebelumnya dikenal dengan nama "Judenberg", bukit yahudi. Menurut ahli sejarah John Man, "Pada tahun 1282, 54 kekayaan orang yahudi direbut oleh para orang kaya dan penguasa. Hal itu bisa dilihat dari harta archbishob yang terasa di rumah Guetenberg."

Guetenberg adalah penemu dari huruf lepas di Eropa, yang sebenarnya merupakan suatu perbaikan dari sistem cetak blok yang memang sudah ada di daerahnya. Teknik baru yang ditemukannya ini memungkinkan terjadinya pencetakan tertulis secara cepat dan juga membuat terjadinya ledakan informasi di dataran Eropa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar